Langsung ke konten utama

5 Jenis Pemasaran Untuk Menaikkan Bisnis Yang Dibangun


Bisnis merupakan salah satu kegiatan dalam memperjual belikan jasa atau juga barang yang bertujuan untuk mendapatkan laba. Adapun yang harus dipersiapkan oleh pebisnis adalah menyiapkan produk atau layanan yang dibutuhkan oleh costumer untuk mendapatkan keuntungan bagi pengusaha.

Dengan adanya keuntungan yang didapat, maka kegiatan bisnis tersebut akan berjalan. Dalam menjalankan bisnis, ada baiknya untuk memberitahukan orang lain tentang bisnis yang sedang dibangun. 

Hal itu bertujuan untuk memasarkan produk atau layanan yang ingin ditawarkan ke orang, agar lebih banyak orang yang mengetahui dan kemungkinan besar menjadi pelanggan bisnis kamu.

Selain itu, pemasaran berguna untuk mempercepat perpindahan barang atau jasa yang kamu sediakan dari produsen atau distributor hingga sampai ke tangan pengguna bisnis.

 Biasa dikenal dengan marketing, pelaksanaannya tidak sebatas aktivitas iklan saja. Dalam melakukan pemasaran, banyak aspek yang diperhatikan saat menjual produk yang kita tawarkan.

Jenis-jenis pemasaran

Dalam melakukan pemasaran, ada banyak aspek yang dilakukan dan diperhatikan, berikut beberapa di antaranya:

1. Iklan 

Mungkin di dalam teknik marketing, iklan adalah cara memasarkan barang yang paling umum untuk dijumpai. Iklan sendiri berbentuk pesan promosi seperti benda atau produk serta layanan yang ingin disampaikan agar yang melihat dapat membeli produk yang ditawarkan.

Biasanya iklan sendiri disampaikan melalui media dengan adanya biaya sebagai sponsor yang ditujukan oleh kalangan masyarakat. Adapun aspek yang dicakup dalam iklan tentang penjualan, promosi penjualan, serta hubungan masyarakat.

2. MLM

Multi level marketing atau yang sering disebut dengan MLM biasanya berupa pemasaran dengan menjaring konsumen dari penjualan langsung dan biasanya menerapkan sistem berantai. 

Sistem pemasarannya berbentuk piramida yang mana tenaga penjual atau sales tidak hanya mendapatkan kompensasi atas penjualan yang dihasilkan. Hasil penjualan sales lain yang direkrut menjadi anggota bisa menjadi penghasil baru bagi perekrut sebelumnya.

Adapun kedudukan sales itu sering disebut dengan anggota upline dan anggota downline.

3. Internet

Penggunaan internet di era saat ini sangat besar dan juga aktif karena internet sendiri bisa menunjang beberapa kebutuhan orang-orang setiap harinya. Hal itu bisa mempengaruhi terhadap sektor bisnis dalam aspek marketing.

Memasarkan produk atau layanan yang ditawarkan melalui jejaring internet akan sangat mudah dilakukan. Pemasaran bisnis dipromosikan melalui website, search engine optimization (seo), search engine marketing (sem), mobile marketing, social media marketing, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Branding

Secara umum, kata brand sendiri berarti merek, yang mana dijadikan sebagai citra atau logo dari perusahaan tersebut saat membangun bisnis. Adapun tujuan melakukan branding adalah untuk mengenalkan merek dari bisnis yang telah dijalankan.

Tak hanya itu, branding sendiri berguna untuk membangun citra positif serta menikkan reputasi bisnis agar dapat menarik perhatian costumer. Dengan nama yang sudah cukup baik, dipastikan bisnis kamu mendapatkan kepercayaan  pelanggan.

Dengan melakukan teknik marketing yang satu ini, diharapkan produk dapat dikenal lebih luas dan juga konsumen akan bertambah banyak.

5. Digital Marketing

Adapun teknik marketing yang satu cukup mirip dengan internet marketing. Yang membedakannya, internet marketing merupakan pemasaran yang wajib menggunakan akses internet, sedangkan digital marketing tidak wajib menggunakan internet.

Sama dengan beberapa jenis pemasaran bisnis biasanya yang bertujuan untuk mencakup lebih banyak konsumen, digital marketing sendiri biasanya lebih efektif dalam penggunaanya. Dibanding internet marketing, biaya penggunaan jauh lebih rendah.

Dalam komunikasi berkala pun akan lebih mudah serta lebih mudah dalam memilih target secara spesifik.

Jikalau kalian mempunyai bisnis baru atau kecil seperti pakaian, makanan, alat dekorasi atau layanan jasa seperti bisnis laundry, salon dan lainnya, akan semakin mudah berjalan jikalau menggunakan teknik marketing. 

Ada baiknya jangan tinggalkan sesi promosi disaat bisnis sedang berlangsung, karena itu merupakan kesempatan untuk memperbesar nama brand yang dicipitakan agar bisnis semakin besar.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemasaran: Seni Menghubungkan Produk dengan Pelanggan

  Pemasaran merupakan serangkaian strategi dan aktivitas yang bertujuan untuk mengenalkan, mempromosikan, dan menjual produk atau layanan kepada pelanggan. Ini adalah proses yang sangat penting bagi perusahaan dalam membangun kesadaran merek, menarik pelanggan, serta mempertahankan hubungan yang kuat dengan konsumen. Tujuan Pemasaran Membangun Kesadaran Merek: Pemasaran bertujuan untuk membuat produk dikenal dan diingat oleh konsumen. Menarik Pelanggan: Menciptakan minat dan keinginan konsumen untuk membeli produk atau layanan tertentu. Pertahankan Pelanggan: Membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan untuk memastikan loyalitas dan kembali membeli produk. Strategi Pemasaran yang Umum Pengembangan Produk: Menyesuaikan produk atau layanan agar sesuai dengan kebutuhan pasar. Pricing (Penetapan Harga): Menentukan harga yang tepat untuk produk agar dapat diterima oleh pasar. Distribusi: Memastikan produk tersedia di tempat yang tepat dan waktu yang sesuai untuk pelangg

Strategi Marketing Yang Paling Sering Dilakukan Para Pebisnis Sukses

  Setiap pebisnis tentu menginginkan usaha yang ia jalankan sukses dan memiliki untung banyak. Untuk mendapatkan hal itu, tentu dibutuhkan strategimarketing yang baik dan benar. Di bawah ini kami akan memberikan strategi marketing yang paling sering dilakukan oleh para pebisnis sukses. Di era modern ini, salah satu profesi yang bisa menjamin kelangsungan hidup yang lebih baik adalah dengan menjadi seorang pebisnis . Pebisnis adalah orang-orang yang terlibat dalam sebuah usaha untuk menghasilkan laba yang besar. Untuk dapat menghasilkan laba atau cuan yang besar, tentu setiap pebisnis atau pengusaha membutuhkan trobosan yang menarik banyak orang. Sering sekali kita melihat banyak usaha yang bangkrut atau tidak berkembang karena kurangnya strategi pemilik usaha tersebut untuk memajukan usaha yang ia miliki. Padahal saat ini sudah banyak sekali saingan dalam melakukan bisnis apa saja. Hal itulah yang menjadikan setiap pengusaha atau pebisnis membutuhkan strategi dalam memikat pela

Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Sales dan Marketing

Perbedaan Sales dan Marketing Bagi sebagian orang, Sales dan Marketing terkadang dianggap sebagai pekerjaan yang sama. Bahkan, keduanya adalah bagian dari strategi untuk mencapai pendapatan, juga dikenal sebagai pendapatan perusahaan. Belum lagi, hampir setiap hari kita mendengar istilah sales dan marketing dalam setiap berita ekonomi yang ada di media massa. Meskipun Sales dan Marketing adalah bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai tujuan laba, tetapi keduanya memiliki pendekatan yang sama sekali berbeda. Selanjutnya kita akan membahas lebih jelas tentang perbedaan antara marketing dan sales. 1. Berbeda Dalam Defenisi Perbedaan pertama dalam Marketing dan Sales terletak pada definisinya. Sales merupakan strategi perusahaan untuk menjual dan memastikan bahwa produknya dijual dengan baik. Singkatnya, Sales bertujuan hanya untuk meningkatkan penjualan produk. Kemudian, Marketing adalah seluruh sistem kegiatan komersial, seperti merencanakan produk, membangun harga, mempr