Dalam membangun sebuah bisnis, tak jarang kita membutuhkan sebuah tips marketing. Sama halnya pada bisnis kedai kopi, bisnis kedai kopi membutuhkan beberapa tips marketing untuk membuatnya tetap ramai pembeli dan meningkatkan penjulan.
Sebuah bisnis membutuhkan merk, merk inilah nantinya yang akan digunakan untuk melakukan pemasaran. Para konsumen tentu akan lebih memilih produk dengan merk yang telah dikenal dan dipercaya.
Selain itu, ketika melakukan strategi marketing. Para pelaku harus terlebih dahulu memahami dan mengetahui keinginan konsumen. Untuk mengetahui hal tersebut, para pemilik kedai kopi perlu melakukan riset dan analisa terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Tidak cukup sampai disitu, para pemilik bisnis harus memiliki banyak ide kreatif dan inovatif untuk memberikan ciri khas tersendiri pada kedai kopinya.
Selain itu, para pemilik bisnis juga dapat memanfaatkan teknologi yang ada, dengan cara melakukan pemasaran tidak hanya pada dunia nyata. Pemasaran juga dapat dilakukan melalui dunia maya (media sosial), anda dapat memanfaatkan berbagai fitur aplikasi terbaru pada ponsel anda. Seperti, Instagram, Facebook maupun Twitter.
Strategi Pemasaran
Bisnis kedai kopi anda akan berhasil meraup omzet besar apabila menerapkan strategi pemasaran berikut.
1. Mengutamakan Kualitas Produk
Meskipun harga kopi yang ada pada kedai kopi milik mu menjadi relatif lebih mahal. Tapi, jika citarasa dan aroma kopi yang anda berikan mampu memuaskan konsumen. Maka, hal ini dapat menjadi daya terik tersendiri bagi kedai kopi anda.
2. Memposisikan Diri Sebagai Rumah Ketiga
Kedai kopi tidak hanya sekedar tempat untuk membeli kopi. Kedai kopi sering sekali dijadikan sebagai tempat untuk bersosialisasi dan mendiskusikan banyak hal, terutama bagi para pelajar dan pekerja profesional muda. Pengalaman yang menyenangkan dan perasaan nyaman saat berada di kedai kopi milik mu tentu akan membuat konsumen merasa betah dan berkeinginan untuk kembali berkunjung ke kedai kopi milikmu.
3. Kepuasan Pelanggan
Dari pintu masuk hingga tetes kopi terakhir, harus mampu membuat konsumen merasa puas dengan citarasa maupun pelayanan pada kedai kopi milikmu. Hal ini diharapkan tidak memberi kesan jerah berkunjung di kedai kopi milik mu.
4. Inovasi
Ciptakan ide kreatif dan inovatif pada kedai kopi milik mu. Anda bisa menambahkan menu baru, atau merenovasi beberapa bagian pada kedai agar tidak terskesan monoton dan membosankan.
5. Luncurkan Promo Untuk Momen dan Hari Tertentu
Jangan ragu untuk meluncurkan diskon pada kedai kopi milikmu. Misalnnya 20% bagi pelanggan setia yang memiliki kartu member pada hari sabu dan minggu pukul 08:00 wib. Tenang, ini tidak akan merugikanmu, coba saja dulu.
6. Eksistensi di Media Sosial
Kamu dapat memposting segala promosi atau menu yang ada pada seluruh akun media sosial mu. Kamu juga bisa melakukan Q&N yang berhadiah voucher diskon untuk menarik perhatian konsumen.
Itulah beberapa tips marketing yang diharapkan mampu menaikan omzet kedai kopi milikmu, semoga membatu. Sampai jumpa lagi…
Komentar
Posting Komentar