Langsung ke konten utama

Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Sales dan Marketing

Perbedaan Marketing dan Sales
Perbedaan Sales dan Marketing


Bagi sebagian orang, Sales dan Marketing terkadang dianggap sebagai pekerjaan yang sama. Bahkan, keduanya adalah bagian dari strategi untuk mencapai pendapatan, juga dikenal sebagai pendapatan perusahaan.

Belum lagi, hampir setiap hari kita mendengar istilah sales dan marketing dalam setiap berita ekonomi yang ada di media massa.

Meskipun Sales dan Marketing adalah bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai tujuan laba, tetapi keduanya memiliki pendekatan yang sama sekali berbeda. Selanjutnya kita akan membahas lebih jelas tentang perbedaan antara marketing dan sales.

1. Berbeda Dalam Defenisi

Perbedaan pertama dalam Marketing dan Sales terletak pada definisinya. Sales merupakan strategi perusahaan untuk menjual dan memastikan bahwa produknya dijual dengan baik. Singkatnya, Sales bertujuan hanya untuk meningkatkan penjualan produk.

Kemudian, Marketing adalah seluruh sistem kegiatan komersial, seperti merencanakan produk, membangun harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang dengan tujuan memuaskan konsumen.

2. Perbedaan Tujuan

Dalam aspek tujuan, Sales memiliki tugas untuk produk perusahaan untuk dijual sesuai dengan tujuan. Untuk marketing, mereka berkewajiban untuk mempertahankan citra perusahaan sehingga pelanggan mengetahui kualitas produk dan tertarik untuk membeli produk.

3. Berbeda Dalam Proses

Proses kerja divisi Sales dan Marketing sedikit berbeda. Tim marketing akan menjadi pengemudi pertama untuk tim penjualan/sales.

Dalam proses marketing, ini akan memberikan berbagai informasi dasar, seperti produk atau layanan yang ditawarkan, harga barang, audiens target yang sesuai dan di mana mereka dapat menjangkau konsumen ini. Tim Marketing memiliki pendekatan untuk menciptakan kesadaran merek dan menjelaskan bagaimana produk atau layanan dapat menanggapi kebutuhan konsumen.

Dalam proses Sales atau penjualan akan fokus pada mengeksplorasi informasi yang sudah dimiliki oleh audiens target, berinteraksi dengan mereka, memberikan informasi tambahan yang relevan dan bersedia menjawab beberapa pertanyaan. Tim Sales memiliki pendekatan untuk memberikan nilai penjualan yang kuat, memberikan solusi kepada konsumen dan membuat penawaran untuk mengubah potensi prospek penjualan.

4. Ruang Lingkup Kerja

Untuk aspek ruang lingkup pekerjaan, Sales cenderung dalam jangka pendek. Pekerjaannya selesai segera setelah mereka mendapatkan pelanggan. Sales umumnya akan mendekati dan menghadapi konsumen secara langsung dalam beberapa cara, baik secara langsung maupun melalui media, telepon, jejaring sosial, email, dan lainnya.

5. Alat Tempur (Tools)

Alat tempur untuk tim Marketing, termasuk optimalisasi tingkat konversi (CRO), alat optimisasi mesin pencari (SEO), aplikasi manajemen proyek, perangkat lunak untuk menganalisis data dan aplikasi penerimaan untuk membuat konten.

Sedangkan untuk alat tempur tim sales, termasuk aplikasi pengingat rapat, perangkat perekaman dokumen, perangkat lunak untuk faktur, administrasi email dan aplikasi administrasi perangkat lunak untuk perekaman inventaris.

6. Strategi

Perbedaan berikut dalam penjualan dan pemasaran terletak pada strategi yang digunakan. Untuk sales mereka umumnya fokus pada cara menginformasikan keuntungan produk sehingga konsumen tertarik untuk membelinya. Strategi utamanya adalah: Penjualan solusi, penjualan rotasi, penjualan SNAP, N.E.A.T Selling, dll.

Meskipun strategi utama marketing adalah menggunakan teknik seperti SEO, jejaring sosial, data analisis, hubungan dengan kostum dan lainnya. Marketing akan selalu berusaha mempertahankan citra produk sehingga pelanggan dapat dengan cepat membeli produk dan membangun relasi baik dengan para pelanggan.

Nah, itulah enam perbedaan marketing dan sales dalam perusahaan. Meskipun kedua tim memiliki fungsi dan peran yang berbeda, keduanya merupakan struktur yang saling melengkapi untuk mencapai tujuan perusahaan dalam mendapatkan laba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemasaran: Seni Menghubungkan Produk dengan Pelanggan

  Pemasaran merupakan serangkaian strategi dan aktivitas yang bertujuan untuk mengenalkan, mempromosikan, dan menjual produk atau layanan kepada pelanggan. Ini adalah proses yang sangat penting bagi perusahaan dalam membangun kesadaran merek, menarik pelanggan, serta mempertahankan hubungan yang kuat dengan konsumen. Tujuan Pemasaran Membangun Kesadaran Merek: Pemasaran bertujuan untuk membuat produk dikenal dan diingat oleh konsumen. Menarik Pelanggan: Menciptakan minat dan keinginan konsumen untuk membeli produk atau layanan tertentu. Pertahankan Pelanggan: Membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan untuk memastikan loyalitas dan kembali membeli produk. Strategi Pemasaran yang Umum Pengembangan Produk: Menyesuaikan produk atau layanan agar sesuai dengan kebutuhan pasar. Pricing (Penetapan Harga): Menentukan harga yang tepat untuk produk agar dapat diterima oleh pasar. Distribusi: Memastikan produk tersedia di tempat yang tepat dan waktu yang sesuai untuk pelangg

Strategi Marketing Yang Paling Sering Dilakukan Para Pebisnis Sukses

  Setiap pebisnis tentu menginginkan usaha yang ia jalankan sukses dan memiliki untung banyak. Untuk mendapatkan hal itu, tentu dibutuhkan strategimarketing yang baik dan benar. Di bawah ini kami akan memberikan strategi marketing yang paling sering dilakukan oleh para pebisnis sukses. Di era modern ini, salah satu profesi yang bisa menjamin kelangsungan hidup yang lebih baik adalah dengan menjadi seorang pebisnis . Pebisnis adalah orang-orang yang terlibat dalam sebuah usaha untuk menghasilkan laba yang besar. Untuk dapat menghasilkan laba atau cuan yang besar, tentu setiap pebisnis atau pengusaha membutuhkan trobosan yang menarik banyak orang. Sering sekali kita melihat banyak usaha yang bangkrut atau tidak berkembang karena kurangnya strategi pemilik usaha tersebut untuk memajukan usaha yang ia miliki. Padahal saat ini sudah banyak sekali saingan dalam melakukan bisnis apa saja. Hal itulah yang menjadikan setiap pengusaha atau pebisnis membutuhkan strategi dalam memikat pela